Tujuan Gigiku.com
10 November 2009 – 11:48 | 2 komentar

Penanganan pelayanan kesehatan gigi dan mulut saat ini umumnya masih cenderung pada penyakit gigi, belum bersifat komprehansif serta holistik. Pemberi pelayanan cenderung pasif, hanya menerima dan mengobati penderita yang datang berobat. Upaya-upaya promotif-preventif masih kurang …

Baca Selengkapnya »
Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan untuk mempertahankan fungsi kunyah

Informasi

Informasi dan Tips seputar kesehatan gigi dan mulut

Kawat Gigi

Kawat Gigi untuk meratakan gigi

Kesehatan

Informasi penting tentang kesehatan, agar anda bisa menghindari berbagai macam penyakit.

Lain-Lain

Informasi lain yang tidak berhubungan langsung dengan kesehatan gigi dan mulut.

Home » Perawatan

Gigi Berlubang

Submitted by on 14 November 2009 – 10:49No Comment
Gigi Berlubang

Gigi adalah bagian tubuh yang paling keras. Strukturnya berlapis-lapis sehingga membuatnya sanget kuat. Jika ingin mengetahui struktur gigi silakan klik disini. Namun gigi juga mudah rusak atau berlubang, ini terjadi kalau gigi tidak dirawat dengan baik.

Gigi berlubang dimulai dari lapisan yang paling luar yaitu email, lalu masuk ke dentin (tulang gigi), dan jika keparahan terus berlanjut akan menuju ke pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf.

Menurut Keyes, pada bukunya yang berjudul “The Infectious and Transmissible Nature of Experimental Dental Caries” syarat terjadinya gigi berlubang ada 4 yaitu :

1. Gigi dan Air Liur ; bentuk gigi yang berdesakan atau yang tidak beraturan dapat mempercepat proses timbulnya gigi berlubang, selain itu air liur juga memiliki andil, yaitu air liur yang kental, atau kekurangan air liur ( misalnya penderita stephen johnson syndrome)
2. Bakteri penyebab gigi berlubang ; bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang adalah dari jenis Streptococcus dan Lactobacillus.  Nah ketika bakteri-bakteri ini berkembang biak dengan cepat dalam rongga mulut maka potensi terjadinya gigi berlubang juga akan semakin besar.
3. Makanan ; makanan yang mudah lengket seperti permen, coklat, mempermudah terjadinya gigi berlubang, biasanya makanan yang mengandung sukrosa, misalnya gula tebu, nasi, permen, dll. Beberapa permen yang menggunakan pemanis buatan tidak menyebabkan gigi berlubang. Mengapa makanan dapat menyebabkan gigi berlubang ?
Karena makanan yang mengandung sukrosa inilah kesukaan bakteri penyebab gigi berlubang. Semakin banyak makanan yang tersisa di rongga mulut kita, bakterinya akan semakin senang.
4. Waktu : Ketika ketiga komponen diatas bersatu, tinggal menunggu waktu saja proses gigi berlubang terbentuk. Karena gigi berlubang bukanlah peristiwa instan. Gigi berlubang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menembus lapisan email dan dentin (tulang gigi).

Jika tidak ingin gigi berlubang, jagalah kebersihan rongga mulut kita dengan benar, periksalah ke dokter gigi sebelum terlambat. Kotoran pada gigi tidak semuanya bisa dibersihkan dengan sikat gigi biasa lho.. Karena ada alat khusus yang diperlukan untuk membersihkan kotoran gigi yang sudah menjadi kerak atau yang biasa disebut karang gigi.

Penulis : Agam Rosyidi
URL Artikel : http://gigiku.com/gigi-berlubang.html

Tinggalkan komentar!

Tulis komentar anda dibawah ini, atau trackback dari situs anda. Anda juga dapat memantau komentar dengan RSS.

No Spam.

code html yg diperbolehkan:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>