Tujuan Gigiku.com
10 November 2009 – 11:48 | 2 komentar

Penanganan pelayanan kesehatan gigi dan mulut saat ini umumnya masih cenderung pada penyakit gigi, belum bersifat komprehansif serta holistik. Pemberi pelayanan cenderung pasif, hanya menerima dan mengobati penderita yang datang berobat. Upaya-upaya promotif-preventif masih kurang …

Baca Selengkapnya »
Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan untuk mempertahankan fungsi kunyah

Informasi

Informasi dan Tips seputar kesehatan gigi dan mulut

Kawat Gigi

Kawat Gigi untuk meratakan gigi

Kesehatan

Informasi penting tentang kesehatan, agar anda bisa menghindari berbagai macam penyakit.

Lain-Lain

Informasi lain yang tidak berhubungan langsung dengan kesehatan gigi dan mulut.

Home » Featured, Gigi Palsu

Gigi Palsu

Submitted by on 14 November 2009 – 16:035 Comments

Gigi Palsu atau Gigi Tiruan, sebagian besar orang tua memakai gigi tiruan. Memang ini merupakan kebutuhan bagi kakek dan nenek untuk menggantikan gigi mereka yang telah hilang. hal ini lumrah. Namun tidak semua pengguna gigi tiruan telah berusia lanjut. Karena sebagian dari pengguna juga berasal dari kalangan muda mudi. Misalnya akibat kecelakaan, atau mungkin karena tidak pernah menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, atau karena penyakit kencing manis (diabetes) yang menyebabkan giginya gampang menjadi goyang, mungkin juga karena penyakit AIDS, dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lainnya.

Jadi sangat tidak menutup kemungkinan seseorang menggunakan gigi tiruan pada usia muda.

Namun ada pula kebiasaan daerah tertentu memakai gigi tiruan dengan bahan emas sebagai tanda status sosial.

Gigi tiruan dibedakan menjadi dua yaitu

  1. Gigi tiruan lepasan (bisa dilepas sendiri oleh pengguna)
  2. Gigi tiruan cekat ( hanya bisa dilepas oleh dokter gigi)

Gigi tiruan sangat bervariasi bahan-bahannya, dan setiap personal memiliki kasus yang berbeda, maka penanganannya pun sangat personal. Kami sebagai dokter gigi perlu melihat pantas atau tidak seseorang diberi penanganan dengan gigi tiruan lepasan misalnya, kami perhitungkan semua untung ruginya bagi pengguna.

Berbeda halnya dengan tukang gigi yang hanya mendapat ilmu turun temurun, mereka tidak menguasai ilmu medis, sehingga seringkali hanya mementingkan enak tidaknya dipakai oleh pengguna, dan seringkali masalah timbul beberapa tahun kemudian. Biasanya para tukang gigi yang hanya belajar pada mbah buyutnya langsung melekatkan gigi tiruan dengan bahan tertentu yang sangat berbahaya jika diaplikasikan langsung pada rongga mulut.

Untuk masalah harga pembuatan, sangat bervariasi tergantung beratnya kasus.

Penulis : Agam Rosyidi
URL Artikel : http://gigiku.com/gigi-palsu.html

5 Comments »

  • iwan says:

    met mlm Dok,

    sy benar-benar kecewa dgn dokter gigi..

    krna apa yg sy pesan (gigi palsu) sungguh-sungguh sangat tdk bs membantu sy dlm menguyah makanan..

    namun stelah sy pesan (gigi palsu) melalui jasa Tukang gigi, sampai skrng sdh berjalan 3 thn, bs dikatakan sngt membantu sy dlm mengunyah makanan..

    bkn sy ingin memutar balikkan fakta, namun tdk smua Tukang gigi, tdk seburuk pemikiran sgelintir masyarakat, maupun Dokter gigi…

  • gigiku says:

    Dokter gigi memiliki tehnik dan metode dalam pembuatan gigi palsu yang berbeda-beda. Kami tidak tau metode mana yang dipakai oleh dokter gigi saudara iwan.
    Dokter gigi secara keilmuan seharusnya memiliki ilmu yang lebih dalam tentang hal ini.
    Banyak aspek yang diperhatikan oleh dokter gigi. Bukan cuma nyaman ketika digunakan untuk makan. Namun aspek jangka panjang juga diperhatikan.

    Tukang gigi justru kerap kali sembarangan ketika membuat gigi palsu. Terkadang asal cekat, seperti menambahkan “lem” (akrilik selfcure) langsung di dalam rongga mulut hingga mengenai jaringan lunak ( gusi ) pengguna. Yang seharusnya ini sangat dilarang keras, karena dalam jangka waktu panjang justru akan merusak rongga mulut, sehingga menimbulkan efek yang lebih parah.

    Kami disini bukan bermaksud membela profesi dokter gigi. Namun dalam prakteknya, sering kali kami dapati pasien yang menggunakan gigi palsu buatan tukang gigi dengan kondisi rongga mulut yang mengenaskan. Baunya minta ampun parahnya. Gusinya merah berdarah, dll.

  • eva says:

    Saya pernah membuat gigi tiruan pada seorang dokter gigi tapi hasilnya tidak memuaskan, meskipun sudah sering diperbaiki oleh dokter tersebut rasanya tetap menyakitkan bila digunakan. Saya beralih ke dokter gigi lain dan berharap gigi tiruan yang sudah ada dapat diperbaiki tapi hasilnya tetap sama.

    Kemudian saya beralih ke tukang gigi dengan memasang gigi tiruan cekat. Rasanya memang enak tapi lama kelamaan makanan yang masuk ke sela2 gigi tiruan menimbulkan bau yang tidak enak serta tidak dapat dibersihkan karena tidak dapat dilepas. Akhirnya saya kembali ke tukang gigi tersebut untuk melepasnya..

    Sekarang saya baru mencoba pada dokter gigi yang lain, sementara ini belum ada keluhan. Hanya masalah penyesuaian saja saat mengunyah di minggu2 pertama. Semoga tidak ada masalah dikemudian hari.

    Nyaman atau tidaknya gigi tiruan dibuat oleh seorang dokter gigi menurut saya tergantung seberapa lama jam terbang (pengalaman) dia dalam masalah pembuatan gigi tiruan. Jadi, cari2 info dahulu tentang keberhasilan dokter gigi tersebut dari orang2 yang pernah menjadi pasiennya sebelum memutuskan membuat gigi tiruan dengan beliau.

  • gigiku says:

    @Eva : Sebenarnya ada banyak macam gigi tiruan. Ada gigi tiruan sebagian lepasan ( hanya beberapa gigi saja yang hilang ), gigi tiruan lengkap lepasan ( untuk yg sudah tidak punya gigi lagi, alias ompong), dan gigi tiruan tetap (gigi tiruan ini tidak bisa dilepas oleh pasien, karena sudah dicekatkan ke gigi).

    Dalam memilih design gigi tiruan, setiap dokter punya pendapat yang berbeda2. Dan memang juga tergantung oleh pengalaman dan pengetahuan sang dokter.
    Semakin sering dokter gigi tersebut ikut seminar2 tentang gigi tiruan, semakin banyak ilmu baru yang didapatkannya. Karena ilmu kedokteran semakin berkembang dari waktu ke waktunya.

    Bila ingin gigi tiruan yang benar-benar baik. Bisa membuatkan gigi di dokter gigi spesialis prostodonsia.
    Dokter gigi seperti halnya dokter umum. memiliki spesialisasi pada setiap bagiannya. Dan untuk masalah gigi palsu memang yang paling menguasai adalah spesialis prostodonsia.

  • lian says:

    maaf dok, apa ada artikel yang lebih lengkap lagi tentang GTLL,GTSL,CB,serta Ortho.

    terimakasih.

    ^_^

Tinggalkan komentar!

Tulis komentar anda dibawah ini, atau trackback dari situs anda. Anda juga dapat memantau komentar dengan RSS.

No Spam.

code html yg diperbolehkan:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>